Saturday, 23 March 2013

Langkah langkah pemasangan rangka atap baja ringan

Langkah langkah pemasangan baja ringan yang baik yang harus diketahui agar dalam pelaksanaannya teratur dan terencana dengan baik sehingga tidak membuang waktu yang akan menimbulkan penambahan biaya yang tidak terduga atas kelalaian atau kesalahan dalam pelaksanaannya.
Pemasangan rangka atap baja ringan haruslah dilakukan oleh tukang bangunan yang benar-benar ahli untuk melaksanakan pekerjaan ini sehingga didapatkan kualitas pekerjaan yang baik dan benar, pengecekan sambungan harus selalu dilakukan untuk memastikan seluruh bagian atap dapat berdiri dengan kokoh. pemasangan penutup atap dapat dilakukan setelah seluruh bagian rangka atap baja ringan sudah terpasang dengan benar dan sudah dilakukan kontrol pemasangan sehingga struktur bekerja dengan benar sesuai dengan perencanaan.

Urutan pemasangan baja ringan:
  1. Pencarian dan pembuatan data-data yang akan digunakan sebagai bahan perencanaan struktur baja ringan seperti tabel profil baja ringan yang berisi bentuk dan berat baja ringan per meter, pembuatan data geometri struktur seperti rencana bentuk bangunan dan ukurannya.
  2. Perencanaan struktur rangka atap yang menghasilkan bentuk dan ukuran baja yang kuat untuk digunakan sebagai dudukan finishing penutup atap.
  3. Pembuatan gambar rangka atap baja ringan disertai dengan posisi sambungan dan keterangan penggunaan bahan pada setiap bagian rangka atap.
  4. Langkah berikutnya yaitu pabrikasi dengan cara membuat potongan masing-masing bagian rangka atap sesuai dengan gambar yang sudah dibuat sebelumnya, pabrikasi dapat dilakukan di pabrik produsen penjual baja ringan atau bisa juga dibuat di lokasi proyek pembangunan.
  5. Setelah struktur rangka atap baja ringan dibuat dengan bentuk sesuai dengan perencanaan maka langkah selanjutnya adalah pekerjaan pengukuran untuk menentukan titik-titik lokasi pemasangan sesuai dengan gambar rangka atap baja ringan.
  6. Sampai disini pemasangan sudah dapat dilakukan dimulai dari bagian struktur utama seperti kuda-kuda kemudian dilanjutkan dengan struktur penguat.
  7. Pemasangan sambungan harus benar dan selalu dikontrol apakah sudah baik untuk menghindari keruntuhan atap.
  8. Pemasangan penutup atap dapat dilakukan setelah seluruh bagian atap struktur rangka atap baja ringan terpasang penuh dan sudah dikontrol kebenaran pemasangannya.
  9. Cara pemasangan rangka atap baja ringan sudah selesai dan ditutup dengan pemasangan atap.
Demikan langkah-langkah pemasangan baja ringan, berbagai inovasi dan kreatifitas dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil pemasangan baja ringan terbaik serta awet dan tahan lama.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan KLIK DISINI untuk BERLANGGANAN GRATIS via email dan masukkan email Anda, selanjutnya buka email anda untuk diverifikasi dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Harga Bahan Bangunan simak juga cara berlangganannya DISINI