-->


Mengenal Batu Bata Ringan

Bata Ringan adalah sejenis batu bata untuk bangunan yang terbuat dari pasir silika yang tahan terhadap panas dan dapat mengurangi resiko kebakaran. Batu Bata Ringan merupakan bahan konstruksi modern pengganti bahan konvensional seperti bata merah dan batako. Dimana produk bata merah dan batako merupakan produk home industri atau rumahan yang kwalitasnya bervariatif antara produk yang satu dengan yang lain. Batu bata ringan merupakan bahan bangunan yang dihasilkan dengan proses teknologi modern dengan menggunakan mesin modern melalui proses aerasi dan autoklaf untuk menghasilkan
produk yang bermutu tingggi ringan, kuat, tahan api, tahan air dan kedap suara. Batu bata ringan didesign secara ergonomic dan akurat yang membuatnya menjadi lebih hemat dalam penggunaan semen dibandingkan dengan bahan konstruksi konvensional dan dapat memberi nilai lebih bagi bangunan. Proses aerasi yang homogen dan terkendali secara komputerisasi menghasilkan beton ringan dengan kuat tekan yang paling tinggi namun paling ringan di kelasnya. Produk ini sudah mulai banyak digunakan pada gedung perkantoran, ruko ruko, bahkan perumahan.


Bata Ringan mempunyai berbagai merek diantaranya adalah Bata Ringan HEBEL, Bata Ringan ACON, Bata Ringan CITICON, Bata Ringan JAYA CELCON, Bata Ringan PRIMACON, Bata Ringan POWERBLOCK, dan masih banyak yang lainnya.

Bata Ringan bisa langsung diberi aci tanpa harus diplester terlebih dahulu, dengan menggunakan semen khusus. Untuk menggunakannya, semen ini hanya dicampur dengan air. Bata Ringan umumnya memiliki ukuran 60 cm x 20 cm dengan ketebalan 8–10 cm.
Untuk dinding seluas 1 m2, kira-kira membutuhkan:
  1. Bata Ringan  = 8 buah
  2. Semen instan = 11,43 kg
  3. Air = 0,15–0,16 liter
KEUNGGULAN BATA RINGAN 
Hemat Biaya
Bata ringan dapat mengurangi penggunaan semen sehingga dapat menghemat biaya bangunan.
Hemat Waktu
Mudah dikerjakan, rapi dan cepat dalam pemasangan sehingga penyelesaian proyek menjadi lebih cepat.
Mudah Dikerjakan
Bata ringan dapat digergaji, dibor dan dikerjakan dengan peralatan kayu biasa.
Ringan
Bata ringan sangat ringan sehingga beban konstruksi dapat berkurang.
Kuat
Bata ringan diproses melalui proses pemberian uap sehingga mampu menahan kekuatan tekan hingga >= 3.5 N.
Tahan Api
Bata ringan terbuat dari pasir silika sehingga tahan terhadap panas dan dapat mengurangi resiko kebakaran.
Tahan Air
Bata ringan mampu menahan rembesan air sehingga bangunan menjadi lebih awet.
Kedap Suara
Bata ringan mampu meredam suara sehingga dapat memberi kenyamanan lebih serta efektif sehingga memberi perlindungan terhadap suara dari luar dan memberi kenyamanan bagi penguhuni rumah.

Untuk membeli Bata Ringan anda bisa datang langsung ke toko bahan bangunan di kota anda atau langsung ke Supplier bata ringan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.