-->


Tips Dekorasi Ruang Tamu Spesial Hari Raya Idul Fitri

 
Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat kita biasanya sibuk mempercantik rumah idamannya, khususnya ruang tamu untuk menyambut sanak saudara dengan tingkat kenyamanan ruang tamu yang lebih tinggi dari biasanya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan ruang tamu agar layak menyambut tamu. Anda bisa memulainya dengan memperbarui tampilan dinding, baik berupa pengecatan atau menempel wallpaper, membasmi jamur di ruang tamu, membersihkan kaca dan jendela, merawat gorden atau tirai, membersihkan karpet sampai merawat sofa agar nyaman diduduki.

Nah, khusus untuk hari spesial ini yakni hari raya idul fitri, kami akan berbagi tips dekorasi ruang tamu agar lebih nyaman di hari raya yang fitri ini. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kenyamanan ruang tamu di hari raya sebagaimana dikutip dari laman kompas properti.
  1. Mengecat dinding
    Agar lapisan cat tidak mudah mengelupas, sebaiknya penggunaan plamur dibatasi hanya sebagai penutup retak rambut halus pada dinding. Plamur dibuat tidak untuk mengikat cat sehingga ketika tetap digunakan, cat akan mudah mengelupas. Selain itu, perhatikan pula kapan waktu paling tepat mengecat. Dua sampai tiga minggu sebelum hari raya adalah waktu paling baik untuk melakukan pengecatan. Perlu dicatat, waktu paling ideal mengecat dinding adalah saat kondisi matahari tidak bersinar sangat terik.

  2. Membasmi jamur di ruang tamu
    Pada dinding dan plafon ruang tamu terkadang muncul jamur akibat guyuran hujan yang merembes sampai ke kedua elemen ini. Bila sifat jamur masih ringan, Anda dapat menghilangkan jamur menggunakan cuka, fungisida, atau cairan disinfektan. Namun, jika serangan jamur sudah terlanjur lama, misalnya karena atap rumah bocor, Anda harus memperbaiki atap dulu, kemudian mengganti plafon atau mengecat ulang tampilannya.

  3. Membersihkan kaca dan jendela
    Seiring waktu dan bergantinya cuaca, kaca dan jendela rumah berubah jadi lebih kusam. Anda dapat membersihkannya menggunakan cairan pembersih yang banyak dijual di pasaran. Atau, Anda dapat membuat sendiri dengan mencampurkan air bersih, cuka, dan soda kue. Caranya, campurkan beberapa sendok makan soda kue ke dalam air hangat, kemudian tambahkan air cuka ke dalamnya. Lalu, gunakan cairan ini untuk membersihkan kaca dan jendela agar cahaya dari luar maksimal masuk ke dalam rumah.

  4. Merawat gorden atau tirai
    Untuk tampilan gorden atau tirai yang bersih, Anda tidak harus rajin mencucinya karena justru bahan akan mudah rusak. Lakukan perawatan ringan seminggu sekali menggunakan penyedot debu, kemoceng atau lap. Mulailah membersihkan dari bagian atas, bersihkan di setiap lipatan dan lekukan gorden.

    Untuk penggunaan lap basah, pastikan sebelumnya Anda telah melakukan penyedotan debu. Karena bila belum disedot, debu otomatis mudah menempel pada lap basah dan menimbulkan noda baru pada kain gorden.

    Jangan lupa membersihkan juga bagian belakang gorden meski tak terlihat. Biasanya, di sinilah debu berpotensi menumpuk.

  5. Merawat karpet
    Mungkin, sudah saatnya Anda melakukan kegiatan bersih-bersih, terutama jika kebetulan ruang tamu Anda beralaskan karpet. Ada banyak cara membersihkan karpet, tergantung besarnya ukuran dan jenisnya. Jika karpet di ruang tamu bentuknya kecil, Anda tinggal bersihkan dengan bantuan vacuum cleaner. Sebaliknya, bila karpetnya besar, butuh mesin khusus untuk membersihkan karpet atau Anda dapat memanfaatkan jasa pembersih karpet.

  6. Merawat sofaSofa merupakan furnitur yang selalu ada di setiap rumah. Karena fungsinya vital, sofa pun perlu perawatan ekstra.

    Agar nyaman diduduki, hindari peletakan sofa di dekat sumber cahaya seperti sinar matahari atau sorotan lampu langsung. Hal ini akan membuat tampilan sofa cepat kusam.

    Hindari meletakkan koran atau majalah di atas sofa, karena tintanya akan menempel dan meninggalkan noda pada kain pembungkus sofa. Selanjutnya, beri perhatian pada kain penutup sofa.

    Ada dua jenis kain penutup pada sofa, yaitu penutup pada rangka dan penutup yang bisa dilepas. Untuk kain penutup yang bisa dilepas, Anda tinggal mencucinya. Tapi, jika kain menyatu dengan rangka, pembersihannya menggunakan vacum cleaner minimal satu minggu sekali.

Sumber:  http://dirumahsajacom.blogspot.com
Sumber gambar:  http://crushculdesac.tumblr.com



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.