-->


Material bangunan apa yang wajib tersedia di toko bahan bangunan?

Material bangunan apa yang wajib tersedia di toko bahan bangunan? Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh orang yang baru merintis usaha dibidang bahan bangunan atau Toko Bahan Bangunan, terutama yang modalnya pas pasan tentunya tidak bisa semuanya dilengkapi. Kalau saya boleh jujur untuk membuka usaha Toko Bahan Bangunan yang lengkap bisa Miliaran rupiah. Nah kalau modal anda pas pasan tentunya tidak akan bisa menyediakan semuanya. Kalau modalnya pas pasan anda cukup sediakan barang barang intinya saja seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini. Yang lainnya bisa menyusul sambil menunggu perkembangan.



Rincian bahan bangunan yang wajib tersedia di Toko Bahan Bangunan:
1. Semen 
Semen adalah bahan bangunan pokok dan paling utama yang harus disediakan oleh Toko Bahan      Bangunan. Semen yang paling banyak di pasaran adalah Semen Tiga Roda, Semen Holcim, Semen Padang dan Semen Gresik. Anda bisa sediakan minimal 2 merek, agar konsumen bisa memilih.
2. Cat Tembok
Cat Tembok adalah material bangunan kedua yang harus ada. Cat Tembok banyak merek dan kualitas yang berbeda beda dan harganyapun bervariasi dari yang termurah misalnya merk Falcon, Lippo,  hingga yang paling mahal misalnya merek Dulux, Mowilex, Jotun dan lain lain. Anda cukup sediakan sebagian warna saja tidak usah semuanya dikomplitkan. Misalnya warna Putih, Cream, hijau, biru muda atau biru langit, pink, dan orange.
3. Cat Kayu dan Thiner (pengencer)
Cat Kayu dan thiner adalah bahan bangunan ketiga yang harus ada. Dengan tersedianya cat maka barang lainnya juga akan laku misalnya kuas, dempul, amplas dan lain lain.
4. Triplek
Triplek adalah bahan bangunan keempat yang harus tersedia. Untuk pembuatan pintu, untuk plafon rumah, meja, dan lemari. Dengan adanya Triplek maka barang lainnya juga akan laku seperti paku, engsel, grendel, dempul, politur atau cat kayunya.
5. Paku
Paku termasuk barang inti atau wajib seperti halnya semen. Ukuran Paku berbeda beda ada yang disebut paku Kaca ukuran sekitar 2cm, Paku Jalosi (3cm), Paku Reng Bambu (4cm), Paku Reng Kayu (5cm), Paku Usuk Kayu (7cm), Paku Usuk Bambu (10cm), dan Paku Juray (12cm).
6. Besi Beton
Besi beton atau behel adalah bahan bangunan kelima yang perlu disediakan oleh toko bahan bangunan. Untuk Sloop, Pondasi Rumah, cor lantai, tiang cor, dll. Dengan tersedianya besi maka yang lainnya juga akan laku misalnya kawat tali, semen, kunci behel dll.
7. Keramik
Keramik adalah material bangunan ke tujuh yang perlu disediakan. Ukuran keramik bervariasi, untuk kamar mandi misalnya ukuran 20x25 buat dinding dan ukuran 20x20 buat lantainya. Untuk lantai sediakan ukuran 30x30 dan juga 40x40. Sebagai pelengkap harus disediakan juga semen warna untuk Nat, dan pemotong keramik.
8. Pipa PVC
Pipa Pvc atau suka disebut juga pipa pralon tidak boleh ketinggalan untuk disediakan. Pipa PVC yang umum disediakan di toko toko bahan bangunan biasanya wavin untuk yang sedang dan merk pimas untuk yang murahnya. Sebagai pelengkap tentunya harus disediakan juga fiting fitingnya seperti soket, elbow (keni), tee dan sok drat, terus lem pvc misal merk Isarplas, PVCplas dll.

Adapun sebagai tambahan bisa disediakan juga Kayu, Pasir, Batu bata, dan Alat alat Listrik. Semakin komplit bahan bahan yang tersedia, semakin besar penghasilan atau pendapatan dan konsumenpun akan tidak kemana-mana kalau semua barang yang dibutuhkan tersedia di toko kita.
Oke saya cukupkan sampai disini dulu lain kali kita sambung lagi dengan pembahasan selanjutnya mengenai Membuka Usaha Toko Bahan Bangunan. Semoga bisa berhasil.

Artikel terkait:
8 Kiat sukses membuka Usaha Toko Bahan Bangunan
Berapa Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha Toko Bahan Bangunan?




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.