-->


Inilah Saat yang tepat berbelanja bahan bangunan

Kali ini saya ingin berbagi tips mengenai waktu yang tepat berbelanja bahan bangunan. Yang saya maksudkan waktu yang tepat disini adalah berbelanja bahan bangunan disaat sedang murah, bagi yang ingin membangun rumah tentunya ini adalah tips yang bermanfaat untuk menghemat anggaran dalam membangun atau merenovasi rumah. Tips ini juga berguna bagi pemilik toko bahan bangunan yang akan menambah stok sebelum harga naik kembali sehingga keuntungannya akan lebih besar lagi ketika harga sudah naik.


Berikut ini adalah saat yang tepat berbelanja bahan bangunan:
1. Akhir Tahun
Pada Desember ini adalah waktu yang tepat untuk berbelanja, karena pada awal tahun harga bahan bangunan biasanya mulai merangkak naik apalagi pemerintah mulai memberlakukan UMR dan UMP diawal tahun ini tepatnya bulan Januari 2014.

2. Kenaikkan BBM
Pada saat pemerintah mengumumkan kenaikkan BBM biasanya harga bahan bangunan sebelum dan sesudah kenaikkan biasanya mulai merangkak naik. Jadi sebaiknya sebelum kenaikkan BBM anda sudah berbelanja bahan bangunan.

3. Melemahnya Rupiah
Karena bahan bangunan baik bahan baku maupun barang jadi itu banyak diekspor dari luar, semisal barang halusan seperti kunci kunci, engsel, grendel, barang sanitair, bahan baku cat, dan lainnya sehingga memicu kenaikkan material bangunan. Setelah anda mengetahui Nilai Dollar naik sebaiknya anda siap siap berbelanja bahan bangunan.

4. Kelangkaan Pasokan
Ketika pasokan barang mengalami kelangkaan baik itu karena cuaca buruk sehingga pengiriman terganggu, karena bencana alam misalkan banjir, karena pasokan bahan baku yang mulai menipis, karena ada demo besar besaran. Ketika peristiwa itu terjadi sebaiknya anda sudah siap siap berbelanja bahan bangunan. Karena ketika pasokan berkurang biasanya distributor menaikkan harganya karena permintaan yang begitu banyak.

5. Kenaikan Gaji PNS
Kenaikkan gaji PNS sebenarnya pengaruhnya kepada kenaikkan harga bahan bangunan tidak terlalu signifikan kecuali pada harga kebutuhan pokok biasanya lebih melonjak. Namun sebagai antisipasi bisa saja anda bersiap siap untuk berbelanja.

Bagi anda yang akan membangun dalam waktu dekat misalnya tidak lebih dari 3-4 bulanan sebaiknya anda  berbelanja dengan segera. Tapi kalau masih lama dananya mungkin bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain dulu atau untuk dijadikan modal usaha dulu. Tapi kalau memang hanya untuk keperluan membangun rumah tentunya dananya bisa anda belanjakan dari sekarang. Apabila pembangunannya masih lama sebaiknya berbelanja dengan sistem DO (pesanan) jadi barangnya tidak langsung dibawa melainkan disimpan atau dititipkan dulu sampai pada saatnya kita ambil. Anda tinggal meminta bonnya sebagai bukti untuk pengambilan nanti. 

Demikian info dari saya mengenai waktu yang tepat untuk berbelanja material bangunan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang berencana membangun rumah agar bisa menghemat anggaran pembangunan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.