-->


Tips membeli besi beton agar tidak kecolongan!

Besi beton atau ada juga yang menyebutnya besi behel adalah bahan bangunan yang sering digunakan dalam pembangunan baik untuk perumahan, gedung perkantoran, pabrik, dan proyek proyek pembangunan lainnya. Oleh karena itu besi beton mempunyai peranan penting dalam proyek pembangunan.

Besi Behel
Besi Beton

Besi beton mempunyai berbagai macam ukuran dari mulai 4mm sampai dengan 22mm. Tapi yang umum dijual dipasaran atau di toko toko bahan bangunan adalah besi 6mm, 8mm, 10mm, dan 12mm, 14mm dan 16mm. Dan ukuran panjangnya adalah 12meter. Untuk ukuran panjang terkadang ada juga yang 11m dan 11,5m.
Untuk ukuran diameter meskipun tertera di besi beton misal ukuran 8mm namun setelah kita ukur dengan alat ukur yang kita sebut sigmat itu kenyataannya belum tentu sama persis 8mm. Terkadang ketika kita ukur ada yang 6.7, 7.1, 7,5 dan bahkan ada yang cuma 6.1. Dan juga panjangnya ada yang kurang dari 12meter. Oleh karena itu saya ingin memberikan tips dalam pembelian Besi beton agar tidak kecolongan atau tertipu.

Tips membeli besi beton:
  • Pastikan ketika membeli besi beton anda melihat langsung barangnya jadi istilahnya tidak membeli kucing dalam karung.
  • Jelaskan bahwa anda ingin membeli besi beton ukuran full dan berlogo SNI
  • Pastikan panjangnya adalah 12mtr anda bisa tanyakan langsung ke pemilik toko atau anda ukur sendiri.
  • Pastikan ada cap SNI nya yang biasanya kalau ada cap SNI ukurannya memenuhi standar. 
  • Pastikan ukuran diameternya dengan menggunakan Sigmat. Meskipun pemilik toko menyebutnya full tapi belum tentu ukurannya sesuai. 
  • Tanyakan toleransi dari besi yang kita beli.
Besi beton yang disebut full yang umumnya dijual di toko bahan bangunan biasanya tidak persis sesuai ukuran. Misal anda membeli besi beton 8mm full tapi kenyataannya adalah 7.5. selisih 0.5mm itu disebutnya toleransi. Toleransi 0.5 adalah toleransi yang paling kecil yang umum dijual di toko toko bangunan. Jadi anda bisa mencari besi beton dengan toleransi yang paling kecil kalau anda ingin membeli besi yang full.

Demikian tips dalam membeli besi beton yang kami ketahui berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan di lapangan. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.