-->


Tips membeli besi rangka untuk proyek bangunan anda

Besi Rangka atau suka disebut juga besi tulangan kolom adalah besi beton yang sudah dirangkai berbentuk segi empat dengan memakai cin cin atau sengkang sebagai penyangganya atau pengikatnya. Besi rangka berfungsi untuk membuat tiang coran dan juga sloof. Tiang Coran adalah besi tulangan kolom yang dipasang secara vertikal dan sloof adalah besi tulangan kolom yang dipasang secara horisontal. Besi rangka yang dijual di toko toko bangunan ada yang sudah jadi dan ada pula yang harus dipesan dulu apabila ukuran yang kita kehendaki tidak tersedia. Besi rangka yang sudah jadi juga ada yang dari besi bekas yang disambung sambung dengan di las sehingga harganya lebih murah. Dan ada juga dari bahan yang masih baru sehingga tidak ada sambungan dan harganyapun pasti akan lebih mahal. Untuk bangunan yang bertingkat sebaiknya memakai besi rangka dari bahan yang baru yang tidak ada sambungan agar lebih kokoh dan adukan lebih merekat kuat. Untuk besi rangka yang dari bahan besi bekas sebaiknya hanya dipakai untuk rumah biasa tidak bertingkat, atau untuk pagar, atau untuk dinding pembatas. Fungsi dari besi rangka adalah untuk menguatkan bangunan.

Besi Tiang
Besi Rangka
Foto diatas adalah contoh besi rangka yang terbuat dari bahan besi bekas yang disambung sambung dengan las. Besi Rangka tersebut ukuran besar besinya terkadang tidak rata. Berbeda dengan besi rangka dari bahan baru dijamin rata semuanya dan tanpa sambungan. Kembali lagi kepada kita pemakaian besinya untuk apa sehingga anda bisa memilih besi rangka baru atau besi rangka bekas. Dan juga tergantung dari dana yang kita miliki. Demikian tips singkat ini semoga bermanfaat.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.