-->


Mengenal fungsi dan perbedaan antara Floor Drain dan Roof Drain

Saringan Lantai WCApakah itu Floor Drain dan Roof Drain? dan apa bedanya?
Floor Drain adalah istilah asing kalau di Indonesia namanya adalah Saringan Lantai atau Afur (Avur) ada juga yang menyebutnya Saringan WC karena alat ini biasanya paling sering digunakan untuk saringan lantai kamar mandi agar kotoran tidak serta merta masuk ke saluran pembuangan sehingga mengakibatkan saluran menjadi mampet dan air menjadi tidak mengalir lagi. Dan tentunya ini akan menimbulkan masalah baru dan pekerjaan baru yang sangat merepotkan.
Floor Drain atau saringan lantai ini biasanya terbuat dari bahan logam yang anti karat misalnya dari bahan stenlis, PVC atau dari bahan plastik, karena alat ini terus menerus dialiri air. Bentuknya biasanya seperti mangkuk, permukaannya rata dan bawahnya cembung.
Berikut ini adalah contoh dari Floor Drain:

Saringan Lantai WC
Kebalikan Floor Drain adalah Roof Drain, sesuai dengan namanya Roof yang artinya adalah atap. Roof Drain atau banyak orang menyebutnya Saringan Atap karena alat ini dipakai untuk Saringan Air pada atap bangunan yang fungsinya sama seperti Floor Drain namun penempatannya yang berbeda yakni untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam saluran pembuangan agar tidak mampet/tersumbat. Bentuk dari Roof Drain kebalikan dari Floor Drain yakni cembung.
Berikut adalah contoh dari Roof Drain:
Saringan Atap
Afur
Jadi kesimpulannya perbedaan antara Floor Drain dan Roof Drain adalah pada bentuk dan penempatannya. Kalau Floor Drain bentuknya cembung dibawah dan atasnya rata dan ditempatkan di lantai, kalau Roof Drain Cembung diatas dan pemasangannya di atap bangunan sedangkan fungsinya adalah sama yakni sama-sama untuk menyaring kotoran agar tidak masuk kedalam saluran pembuangan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat!

Artikel terkait:
Daftar Harga Floor Drain dan Roof Drain



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.