Thursday, 18 July 2013

Bisnis kayu Jabon sangat menggiurkan!

Bisnis pohon Jabon
Pohon kayu Jabon

Pada saat ini, usaha kebun kayu menjadi primadona masyarakat. Berbagai cara atau penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil kebun kayu. Salah satu alternatifnya adalah mengembangkan pohon kayu cepat tumbuh, antara lain sengon, binuang, jabon dan lain-lain.

Biaya penanaman jabon relatif murah dibanding jenis pohon cepat tumbuh lainnya. Mulai dari penanaman sampai perawatan tanaman umur 2 tahun hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 10 juta per hektar. Biaya akan bertambah jika lahan yang digunakan adalah lahan sewaan. Pohon jabon sudah mulai bisa dipanen saat berumur >6 tahun. Dengan jumlah pohon per hektar 600 pohon, diameter pohon dapat mencapai >30 cm dan volume kayu rata-rata per pohon sebesar 0,38 m3. Apabila harga kayu jabon Rp. 600.000,-/m3, hasil yang dapat diperoleh sebesar Rp 136 juta per hektar. Keuntungan yang diperoleh dengan harga jual kayu tersebut tentunya sangat menggiurkan. Namun demikian, soal harga belum ada patokan khusus.


Dalam menentukan jenis andalan untuk kebun kayu, dapat dilakukan dua pendekatan, yakni naturalis dan eksperimentalis. Pendekatan naturalisme adalah membandingkan antara kondisi ekologi habitat jenis target dengan kondisi ekologi calon lokasi penanaman. Kalau  sesuai dapat tumbuh tapi mungkin  tidak optimal.
Sedangkan pendekatan eksperimentalis adalah dengan menguji beberapa jenis target pada lahan yang akan ditanam. Penentuan jenis didasarkan pada data pertumbuhannya. Jenis terpilih  dapat tumbuh  secara optimal.
Kiat-kiat yang harus diterapkan untuk keberhasilan penanaman berdasarkan penjelasan diatas adalah tapak yang sesuai, jenis yang sesuai, waktu yang tepat, bibit yang sehat, pola dan prosedur tanam yang tepat, kerapatan tegakan dan bila perlu dijarangi serta pengendalian hama secara periodik.

Sumber:  http://www.forda-mof.org

Artikel Lainnya:
Daftar Harga Kayu Jati
Daftar Harga Kayu Kamper, Meranti, Borneo
Daftar Harga Kayu Kampung | Kelas 2
Daftar Harga Kayu Albasiah
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan KLIK DISINI untuk BERLANGGANAN GRATIS via email dan masukkan email Anda, selanjutnya buka email anda untuk diverifikasi dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Harga Bahan Bangunan simak juga cara berlangganannya DISINI