-->


Tips Membeli dan Memilih Cat Tembok

Cat Tembok adalah bahan finishing untuk mewarnai tembok rumah agar kelihatan lebih cantik. Sebelum membeli cat anda harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik cat tembok. Karena banyak sekali cat tembok yang dijual dengan merk dan kualitas yang berbeda-beda. Jadi dalam membeli cat jangan asal murah karena hasilnya bisa jadi tidak memuaskan gara-gara salah dalam memilih cat. Berdasarkan penggunannya Cat Tembok dibagi menjadi 2 kategori yaitu cat tembok interior dan cat tembok exterior.


Cat Tembok Interior
Cat Tembok Interior adalah cat tembok yang dikhususkan untuk bagian dalam rumah atau interior, karena bagian dalam rumah tidak terkena secara langsung sinar matahari dan air hujan atau cuaca luar sehingga cat akan tetap awet meskipun dengan cat tembok biasa. Namun tentunya harus diperhatikan juga kualitasnya karena ada cat yang cepat terhapus ketika kita membersihkan kotoran yang menempel pada cat. Dan cat murah atau kualitas yang biasa biasanya harus dicat berulang-ulang atau beberapa lapisan. Kalau cat yang berkualitas bagus biasanya cukup 2 lapisan saja cat sudah jadi atau tebal.

Cat Tembok Exterior
Cat Tembok Exterior adalah cat tembok yang bisa dipakai untuk bagian dalam maupun bagian luar. Cat ini biasanya sudah tahan cuaca dan jamur karena umumnya cat ini sudah mengandung alkali dan tidak mudah terhapus sehingga harganya lebih mahal dari cat interior. Namun tidak semuanya merk cat mengandung alkali jadi sebaiknya sebelum di cat berikan dulu cat dasar alkali agar lebih tahan lagi terhadap cuaca, jamur, dan kelembaban sehingga tidak akan menimbulkan belang-belang pada warnanya.

Memilih Warna Cat
Dalam memilih warna cat tembok harus diperhatikan dulu penempatannya, kalau cat tembok untuk bagian dalam atau lokasi yang sempit gunakanlah warna cat yang terang agar ruangan tidak menjadi lebih gelap dan pengap dan kelihatan lebih sempit. Kalau warna muda atau terang maka ruangan akan kelihatan lebih luas dan terang. Dan untuk cat tembok bagian luar bisa menggunakan warna gelap dan juga warna terang namun hindari dengan warna merah karena warna ini sangat mudah berubah oleh iklim, kecuali ada merk-merk tertentu yang lebih tahan namun harganya jauh lebih mahal lagi.
Untuk menyesuaikan warna cat agar cocok dengan yang kita inginkan sebaiknya anda simulasikan terlebih dahulu warnanya bisa anda coba simulasi warna cat rumah secara online.

Setelah anda mengetahui karakteristik dari cat tembok maka belilah cat tembok yang sesuai dengan penempatannya agar hasilnya akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Belilah cat tembok yang sudah teruji kualitasnya. Mintalah penjelasan dari toko atau minta brosurnya terlebih dahulu.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.