-->


Jenis-jenis Baja Beton dan Manfaatnya dalam Konstruksi



Dalam dunia konstruksi, ada banyak jenis besi dan baja yang digunakan. Salah satunya, kita mengenal istilah baja beton. Sebenarnya apa keunikan serta manfaatnya dalam konstruksi?

Baja tulangan beton merupakan baja yang bentuknya berupa batang berpenampang lingkaran. Sering kali banyak digunakan untuk sistem penulangan beton. Dari bentuknya, secara umum ada dua jenis baja untuk
keperluan tersebut. Ada baja tulangan beton yang polos serta berbentuk sirip.

Besi Beton
Baja Beton


Dua Jenis Baja Beton Untuk Penulangan
  1. Baja tulangan beton polos atau BJTP
Baja beton ini merupakan baja yang dipakai untuk tulangan beton yang berpenampang lingkaran. Pada jenis ini, kita akan menemui permukaan baja yang rata atau polos.
  1. Baja tulangan beton sirip atau BJTS
Baja beton ini merupakan jenis baja yang memiliki permukaan sirip melintang. Ada rusuk yang memanjang serta berguna untuk meningkatkan daya rekat pada beton. Fungsi lainnya adalah untuk menahan gerakan membujur dari batang.

Manfaat Utama Baja Beton dalam Konstruksi
Dalam pembuatan struktur konstruksi, beton perlu diberi penguatan. Caranya ialah dengan pemberian penulangan yang bermanfaat sebagai penahan gaya tarik. Material yang digunakan dalam penulangan tersebut adalah baja beton.
Di dalam beton untuk struktur akan ditemui sloof, ring, serta kolom. Pada penulangan beton akan terdapat pula begel-begel yang susunannya membentuk beton. Karenanya, beton akan memiliki sifat yang sangat baik dalam menahan gaya tarik yang terjadi. 

Keistimewaan Baja Beton dalam Konntruksi
Dari semua material konstruksi yang ada, baja dipilih sebagai penulangan dalam strukur. Tentunya banyak alasan mengapa beton dianggap istimewa. Hal ini tak lepas dari sifat-sifat baja yang spesifik.
Berikut ini ada beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh baja beton:
  • Beton tidak mampu menahan daya tarik yang lebih dari nilai tertentu karena beton akan retak. Karenanya dibutuhkan baja sebagai penahan gaya tarik yang bekerja salam sistem struktur.
  • Bentuknya bervariasi, ada yang berupa batangan. Ada pula yang berupa anyaman kawat baja yang kemudian di las.
  • Sifat baja kuat dengan bahan baku meliputi: Ferrum dan Zat arang.
 
Sifat dan Mutu Baja Beton untuk Struktur
Baik baja sirip maupun polos, kualitas dan juga mutunya bisa berbeda. Pada beberapa merk, memakai standar yang berbeda pula. Jadi untuk struktur yang kuat dan kokoh, carilah besi beton yang kuat dan terbaik.
Berikut ini ada beberapa hal yang mempengaruhi sifat dan mutu baja untuk penulangan:
  • Sifat fisik baja (kekuatan tarik baik pada tegangan leleh atau putus, regangan, dan bengkokan)
  • Susunan kimia baja yang membuat baja memiliki kekuatan dan kemampuan menahan gaya tarik pada nilai tertentu.
 
Pemasangan Baja Beton pada Struktur Konstruksi
Dalam memasang baja beton, maka terlebih dahulu diperlukan perancanaan. Untuk strukur gedung tinggi, jembatan, jalan, dan ruko, diperlukan insinyur yang mengatur segala rancangan. Perencanaan bukan hanya memberi manfaat berupa struktur yang kuat, namun juga bisa menghemat biaya proyek.
Perencanaan juga penting lantaran merupakan material yang paling mahal. Maka tak heran jika sebuah proyek yang butuh penulangan dari baja akan menelan biaya yang cukup tinggi.
Hal lain yang diperlukan dalam pembuatan struktur ialah sambungan baja beton. Langkah ini harus memenuhi semua prinsip yang benar. Caranya ialah dengan meletakkan semua sambungan pada penampang yang memikul momen terkecil.
Jika sambungan dan rancangan sudah sempurna, maka hasil struktur akan sempurna pula. Untuk hasil terbaik juga harus mempertimbangkan mutu baja yang dibeli. Pilihlah merk baja yang berkualitas untuk ketahanan konstruksi yang baik.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.

3 komentar

avatar
cindy armaya4 June 2019 at 21:47

Numpang ya min ^^

Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker,com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker,com!

WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER,COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER,COM

avatar
ranni putri6 June 2019 at 01:42

Numpang posting ya min ^_^
Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
*Minimal Deposit 10.000-,
*Minimal Withdraw 15.000-,

Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
*Texas Poker *Capsa Susun
*Ceme *Bandar Capsa
*Ceme Keliling *Big Two (new game)
*Domino QQ

Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
*Welcome Bonus 20%
*Bonus Referral 5%
*Bonus CashBack Mingguan 0.5%
*Bonus Next Deposit 5%

Buruan Join DIY9POKER !!
Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
Pin BBM : E36DAA23
WA : +6285261535211
LINE : Y9POKER
Live Chat : Y9POKER(.)Com