Sunday, 17 March 2013

Cara memasang pompa air yang benar

Pompa Air adalah sarana yang paling banyak digunakan dalam rumah tangga baik perumahan maupun perkantoran. Tidak sedikit konsumen yang membeli pompa air kembali lagi ke toko dengan keluhan pompa air yang sudah dibelinya tidak jalan sebagaimana mestinya, keluar airnya sangat kecil atau bahkan tidak keluar air sama sekali. Kendala ini tidak serta merta pompa airnya yang rusak atau kurang bagus. Pada banyak kejadian kendala ini masalahnya adalah pada pemasangan pompa air yang salah atau tidak sesuai dengan aturan. Kali ini saya akan memjelaskan cara memasang pompa air yang benar.


Untuk memasang pompa air tentunya kita harus menyediakan peralatannya terlebih dahulu diantaranya:
Pompa Air, Pipa PVC 3/4, Fiting atau sambungan PVC, Lem PVC, Watermur, Seal tape (siltif), klep pompa (foot klep), gergaji besi dan amplas. Untuk pompa air kita sesuaikan dengan kedalaman sumur, kalau kedalaman sumur dibawah 10 meter pompa air yang digunakan dengan daya hisap 9 meter misalnya Shimizu 128 PS atau type yang anda bisa lihat di daftar harga pompa air. Pipa PVC untuk hisapan sebaiknya memakai Wavin AW agar tidak mudah pecah dan awet, Fiting atau sambungan sebaiknya memakai Fiting merek Rucika yang sudah tidak diragukan kualitasnya. Untuk Lem bisa digunakan merek ISARPLAS atau PVCplas.

Cara Pemasangan:
  • Amplas terlebih dahulu semua ujung pipa pralon bagian luar yang akan disambungkan juga fiting fitingnya yang bagian dalam. 
  • Sambungkan pralon untuk pipa hisap dengan menggunakan lem PVC sesuaikan panjangnya dengan kedalaman sumur.
  • Pasangkan Foot klep diujung bawah dan watermur diujung atas. 
  • Masukkan pipa kedalam sumur, pastikan ujung foot klep berada minimal 30cm diatas permukaan tanah sumur agar tanah atau lumpurnya tidak terhisap. 
  • Posisikan pompa air dibibir atau dekat sumur.
  • Pasang vloksok drat luar ukuran 1x3/4 ke lubang hisap dari pompa air, terlebih dahulu dratnya dilapisi seal tape (siltif) agar tidak bocor.
  • Sambungkan watermur dari pipa hisap dengan menggunakan keni 3/4 ke vloksok drat luar. Pemasangan watermur tujuannya agar mudah dibuka tutup dalam perbaikan nantinya. 
  • Untuk pengeluaran biasanya memakai Pipa PVC 1/2 in, sebelumnya pasang vloksok drat luar 1x1/2 di pengeluaran pompa. Untuk memudahkan perbaikan di pengeluaran sebaiknya memakai watermur juga.
Sesudah beres terpasang semuanya, sekarang tinggal pengujian sebelum disambungkan ke listrik penuhi dahulu lubang hisap dengan air dengan membuka terlebih dahulu watermurnya untuk memasukkan air dan pastikan tidak ada yang bocor dengan melihat air di pipa hisap berkurang apa tidak. kalau berkurang berarti masih ada yang bocor. Setelah dipastikan tidak ada yang bocor sambungkan lagi watermurnya. Untuk bagian pengeluaran sambungkan dulu dengan pipa PVC sekitar satu meter secara vertikal agar ada tekanan air dan isi air sampai penuh juga. Setelah semua pipa terisi penuh air baru kita sambungkan ke listrik. Hasilnya kita tunggu dulu sampai kurang lebih 5 menit. Kalau tidak ada yang bocor pemasangan akan berhasil.

Artikel terkait:
Harga Pompa Air
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan KLIK DISINI untuk BERLANGGANAN GRATIS via email dan masukkan email Anda, selanjutnya buka email anda untuk diverifikasi dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Harga Bahan Bangunan simak juga cara berlangganannya DISINI