-->


Informasi Dimensi | Ukuran dari Material Bahan Bangunan

Ada pertanyaan dari seorang mahasiswa IPB yang masuk ke email saya mengenai Informasi dimensi dari sebuah material bahan bangunan. Beliau masih bingung dengan informasi yang disuguhkan oleh Blog Info Harga Bahan Bangunan yang saya jelaskan karena tidak mencantumkan informasi dimensinya secara detil misalnya ukuran panjang, lebar dan tingginya.
Berikut kutipan emailnya:
Assalamu'alaikum Bapak
Mohon maaf mengganggu waktunya, nama saya Irma.
Saya mahasiswa dari IPB Bogor. Pak, saya baca blog Bapak mengenai Informasi Harga Bahan Bangunan, sayangnya untuk perempuan seperti saya, saya kurang mengerti dengan dimensi masing-masing bahan bangunan. Kebetulan saya dari Fakultas Peternakan dan mendapat tugas membuat analisa usaha kandang kelinci, tapi pas melihat harga kayu, asbes, paralon, tripleks, dll, saya kurang faham mana panjang, lebar, tebal dan tingginya. Selain tidak ada keterangan gambar, keterangan satuan pun tidak tersedia. Mungkin demikian pertanyaan dari saya. Semoga informasi bahan bangunan tidak hanya dapat dinikmati oleh para pembaca yang mengerti dunia matrial, namun juga oleh semuanya lintas pekerjaan, gender, dan siapapun yang kurang faham dengan bangunan :)
Saya ucapkan terimakasih buat mba Irma atas perhatian/kritikannya sehingga blog Informasi ini bisa bermanfaat bagi semua orang dan isinya bisa dimengerti oleh semua kalangan. Untuk spesifikasi mengenai ukuran atau dimensi ini sebagian postingan sudah saya perbaiki dengan penambahan keterangan dimensi misalnya pada triplek, kayu, Asbes, dan juga pralon. Saya telah menambahkan keterangan baik dibawah tabel maupun didalam tabelnya.

Khusus untuk ukuran kayu Jeng jeng (Albasiah), kayu kampung atau kayu kelas2, Ukuran yang tertera biasanya tidak pas dengan ukuran sebenarnya. Misal ukuran kayu Jeng jeng pada Tiang tertera  ukuran 10x10x3 itu artinya 10cm x 10cm x panjang 3m, kenyataan ukurannya yang biasa kita jumpai adalah 9cm x 9cm x 3m atau bahkan kurang dari itu. Demikian juga ukuran Kayu kampung atau kayu kelas 2 misal ukuran Papan tertera 3x20x4 itu artinya 3cm x 20cm x 4meter, pada kenyataannya ukurannya rata2 cuma 2.5cm (tebal) 18cm (lebar) 3.9meter (panjang). Jadi, ukuran yang ada di spesifikasi barang pada tabel itu hanya sebutan saja tidak mencerminkan ukuran yang sebenarnya. Demikian yang bisa saya jelaskan untuk Mba Irma. Semoga penjelasan saya bisa membantu khususnya buat penanya umumnya buat semua pengunjung blog ini.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di INFO HARGA BAHAN BANGUNAN dan JANGAN LUPA klik LINK AKTIVASI pada email yang anda terima.